Manajemen Produk dalam Ilmu Manajemen Bisnis

Manajemen Produk dalam Ilmu Manajemen Bisnis

Minoupdate.com – Dunia bisnis dan usaha memiliki relasi erat dengan manajemen produksi. Manajemen produksi atau pengelolaan operasional produksi perusahaan menjadi motor penggerak perkembangan bisnis atau industri secara umum, khususnya di bidang industri manufaktur dan teknologi.

Pengertian Managementnya Product

Management Product adalah proses perencanaan, pengembangan, pemasaran, dan pengelolaan produk dari awal sampai akhir siklus hidupnya. Ini mencakup semua aspek produk, mulai dari konsepsi produk, perencanaan strategi, desain dan pengembangan, pemasaran, distribusi, dukungan, hingga pengambilan keputusan saat produk mencapai akhir siklus hidupnya.

Manajemen Produk bertanggung jawab untuk mengawasi semua tahap produksi, termasuk penentuan fitur dan spesifikasi, pengembangan dan pengujian produk, harga dan penentuan strategi pemasaran, serta analisis pasar dan persaingan. Tujuannya adalah untuk menciptakan produk yang sukses secara komersial dan memberikan nilai bagi pelanggan.

Manajemen Produk juga memerlukan kerja sama tim yang kuat antara berbagai departemen dalam perusahaan, termasuk tim pengembangan produk, tim pemasaran, tim penjualan, dan tim dukungan pelanggan. Ini memastikan bahwa semua aspek produk dikelola dengan baik dan produk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar.

Buku materi manajemen Produk

Dalam materi buku ini berbahasa Inggris dimana terdiri dari 16 chapter akan membahas tentang dasar-dasar manajemen produk

Kamu bisa dapatkan bukunya dalam bentuk pdf Download di bawah ini:

Chapter1 : Introduction to product management

Chapter2 : Marketing Planning

Chapter3 : Defining the Competitive Set

Chapter4 : Category Attractiveness Analysis

Chapter5 : Competitor Analysis

Chapter6 : Customer Analysis

Chapter7 : Marketing Potensial and Sales Forecasting

Chapter8 : Developing Product Strategy

Chapter9 : New Products

Chapter10 : Pricing Decision

Chapter11 : Advertising Decisions

Chaptet12 : Promotions

Chapter13 : Channel Management

Chapter 14 : Customer Relationship Management

Chapter15 : Financial Analysis For Product Management

Chapter16 : Marketing Metrics

Dalam setiap chapter ada pembahasan mengenai learning object dan diskusi terkait materi pembahasan, kamu ikuti saja nanti update pembahasan disini. Semoga ulasan singkat kali ini dapat membantu untuk teman-teman semuanya. Salam dan sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top