5 Langkah Wajib Strategi Pemasaran Produk Makanan Cepat Laku

5 Langkah Wajib Strategi Pemasaran Produk Makanan Cepat Laku

Minoupdate.com – Salah satu usaha yang masih banyak peluang di tahun-tahun mendatang adalah usaha yang bergerak pada makanan/kuliner, karena makanan merupakan kebutuhan utama masyarakat yang ketersediaannya sangat diutamakan.

Banyak kisah sukses pebisnis dalam menjalankannya bisnis kuliner atau produk makanan berhasil karena mereka telah lama terjun menjalankan usaha secara turun menurun, ada juga pengusaha muda yang baru terjun ke bidang usaha makanan ini masih terbilang baru namun ia dapat mendapat keuntungan yang besar. Memang dalam sebuah usaha seseorang akan mendapatkan keuntungan masing-masing dan bagi setiap individu itu berbeda-beda.

Apabila dijabarkan secara sistematis dan ilmiah dalam dunia ilmu manajemen dan pemasaran bisnis, setiap pebisnis memiliki strategi sukses atau kiat sukses mereka dalam menjalankan usaha sehingga mereka mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginannya.

5 Langkah Strategi Pemasaran Produk Makanan Cepat Laku Yang Wajib Diketahui 

Bila dilihat secara garis besar mereka melakukan tahapan dan langkah-langkah strategi dalam memasarkan produknya dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Menentukan produk makanan apa yang akan kita pasarkan.
  2. Menentukan target peluang pasar
  3. Menentukan branding, penamaan merk yang jelas dan menjual khususnya dalam brand produk makanan
  4. Menentukan strategi pemasaran paling  menarik
  5. Membuat desain pemasaran online
  6. Kerjasama dengan pihak jasa pengiriman seperti Grab dan gojek

Dengan menggunakan langkah di atas secara sistematis dan kontinyu mereka mulai mendapatkan tempat di hati pasar sehingga produk mereka laku di pasaran.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana strategi dalam pemasaran bisnis produk makanan, sebelumnya kita menuju pembahasan kita akan mengelompokkan produk makanan itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan tingkat kebutuhan :

  1. Makanan pokok : seperti nasi, roti, bubur
  2. Makanan lauk Pauk : ikan, tempe, sayur
  3. Makanan cemilan : kue, mir instan, buah dll

Dengan melihat pengelompokan diatasi kita akan dengan mudah bagaimana menentukan target pasar, cara menjangkau target pasar, desain kemasan dan periklanan/promosi

Dengan melihat apa yang di jelaskan di atas berikut penulis paparkan bagaimana 5 startegi pemasaran produk makanan supaya bisnis kamu cepat berkembang.

1. Tentukan Apa yang sedang trend di sekitar kamu

Dengan kita masuk kedalam trend pasar saat ini di harapkan bisnis kita akan cepat di ketahui dan diminati oleh pasar dan calon pasar. Dalam mengenal dan menemukan sesuatu yang sedang trend kamu bisa menyiapkan worksheet yang terdiri dari kolom isian sebagai survey kecil-kecilan, dalam worksheet tersebut setidaknya di muat beberapa hal pertanyaan, karena kita sedang membahas makanan maka pertanyaan seputar produk makanan :

  • Jenis makanan/ minuman apa yang sedang trend saat ini
  • Kategori makanan yang sedang trend termasuk pada katagori mana?
  • Urutan pasar tersebesar yang menggunakan layanan tersebut : laki-laki atau perempuan dan rentang usia
  • Adakah produk serupa yang menjadi pesaingnya
  • Bagaimana para pengguna/konsumen mendapatkan layanan tersebut apakah melalui pembelian lewat online ataw offline
  • Apa kelebihan dan kekurangan produk tersebut menurut konsumen.

Dalam menentukan sesuatu yang sedang trend kita dapat mendapatkan data dari observasi langsung di lapangan, seperti dengan wawancara/ dengan menggunakan fasilitas online: Google, media sosial dll

2. Menentukan produk yang Akan kita pasarkan

Dalam menentukan produk kita harus sudah menguasai tahapan riset pasar seperti menentukan produk makanan apa yang akan kita buat dan tawarkan. Dalam tahapan ini produk yang akan kita tawarkan meliputi seperti.

  • Jenis dan katagori produk
  • Target pasar
  • Lokasi pemasaran dan penjualan
  • Cara transaksi
  • Strategi promosi : melalui web atau medsos

Apabila kita telah menemukan produk apa yang akan kita tawarkan maka kita lihat persaingan jenis produk yang serupa yang telah di pasarkan oleh kompetitor, maka buatlah pembeda produk kita dengan produk serupa seperti perbedaan pada sisi desain kemasan, ukuran isi lebih besar, rasa dll.

3. Buat Segala Sesuatunya Memberi Pengalaman Pelanggan yang Menarik

Semua bisnis target terakhirnya adalah memberikan kesan pengalaman yang baik kepada pelanggan, dengan kata lain user experience. Baik produk yang ditawarkan berupa barang atau jasa yang akhirnya pengalaman pelangganlah yang menentukan keberhasilan bisnis yang kita jalankan

Apalagi di dunia pemasaran digital dan bisnis online bagaimana testimoni pelanggan atau calon user produk kita menjadi penentu keberhasilan bisnis kita; contohnya yang diterapkan oleh perusahaan raksasa di dunia informasi dan teknologi yaitu Google menerapkan algoritma baru dalam menetapkan peringkat sebuah situs atau website yang dipandang baik di mata mesin telusur Google yaitu tingkat UX ( user experience).

Apabila bisnis kita ingin tetap mendapatkan keuntungan dan nomor 1 di mata pelanggan maka pikirkanlah bagaimana pelanggan kita ketika menggunakan pelayanan dan jasa kita.

  • Berikanlah pelayanan prima
  • Garansi Purna jual
  • User guide ( petunjuk penggunaan produk)
  • Beri ruang testimoni bagi pelanggan

Sayangilah Pelanggan dengan Memberikan diskon yang Menarik

Kembali lagi bagi titik akhir sebuah bisnis dikatakan berhasil apabila mendapatkan rekomendasi terbaik dari pelanggan, bahkan pelanggan yang loyal kita tidak akan sungkan untuk mereferensikan bisnis kita dengan kata lain menjadi promotor bisnis kita tanpa kita menyuruh atau membayar mereka.

Memberikan diskon yang Menarik tentu akan memberikan nilai plus bagi customer untuk memberikan rating terbaik bagi bisnis kita.

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan pelanggan melalui media sosial

Hampir semua orang di dunia ini pasti memiliki akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dll

Dalam kegiatan media sosial  banyak para pebisnis memanfaatkan hubungan yang baik di media sosial dengan selalu memberikan update informasi kepada pelanggan setia atau memberikan giveaway pada momen tertentu; seperti hari raya, ulang tahun, hari Nasional dll. Media sosial menjadi jembatan pelanggan untuk terus memberikan kedekatan bisnis kita menjadi bagian dalam kehidupannya.

5. Jadikan Pelanggan menjadi Bagian bagi Perkembangan bisnis kita

Memberi kesempatan bagi pelanggan kita untuk lebih dekat lagi menjadi bagian dari bisnis kita seperti menawarkan program kerjasama yang baik contohnya program afiliasi. Biasanya dengan mudah pelanggan setia kita akan mempromosikan produk dan layanan kita kepada para pelanggan karena ia sudah pernah menggunakan produk dan layanan bisnis kita

Tentu saja dengan Memberikan program afiliasi akan memberikan keuntungan bagi pelanggan yang terlibat menjadi bagian kemajuan bisnis kita.

Banyak perusahaan digital bisnis online membuka kesempatan bagi affiliator seperti: shopee, Lazada, niagahoster, domainesia, dsb. Mereka menjadikan pelanggan setia menjadi bagian perkembangan bisnisnya.

Akhir Kata

Demikian uraian singkat tentang 5 langkah wajib strategi pemasaran produk makanan. sebenarnya saya tidak membahas mengenai khusus produk makanan tetapi langkah uraian di atas dapat digunakan untuk semua bidang usaha yang sedang Anda jalankan. Semoga bermanfaat salam dan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top