19 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghasilkan Uang dari Blogger

Minoupdate.comCara menghasilkan uang dari blogger. Banyak cara untuk sukses dalam bisnis online saat ini, adalah dengan memanfaatkan jaringan internet secara optimal untuk menunjang pencapaian bisnis anda. pada kesempatan ini admin ingin membicarakan bagaimana menghasilkan uang secara online dengan membangun blog.

Memulai tulisan  berarti memulai sesuatu, ketika kamu memulai membaca tulisan ini berarti memulai belajar sesuatu, tentu segala sesuatu kita mulai dengan niat yang baik dan bisa menjadi kebaikan untuk diri dan semua orang aamin.

Di atas sama-sama kita lihat judul tulisan ini 19 Cara menghasilkan uang dari blogger, pasti kamu menebak-nebak apa isi dari artikel ini? 

mungkin kamu menebak artikel ini membahas seputar blogger yang sukses, dilengkapi dengan teknis yang sudah terbukti hasilnya, tips-tips teknis menjadi seorang blogger yang sukses dan sebagainya.

Kalo boleh saya tebak pasti kamu yang membaca postingan ini sedang mencari atau belajar bagaimana perjalanan menjadi seorang blogger yang sukses.

Tentu pasti! dan penulis juga sama masih banyak belajar menjadi seorang yang sukses dalam usaha blogger ini

Cara Menghasilkan Uang dari Blogger

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara kamu menghasilkan uang dari blogger kita akan bahas dulu pondasi sukses seorang blogger, yaitu bagaimana mencari tahu kunci sukses seorang blogger, penting untuk di kuasain karena perjalanan sukses sorang blogger di mulai dari bagaimana dia bisa menanamkan niat yang kuat dan target yang jelas untuk meraih kesuksesannya.

Sebagai catatan saja tulisan ini tidak membahas tentang teknis dan cara-cara dalam membangun blog, tapi berusaha membahas bagaimana perjalanan di balik blog seorang blogger dari mulai membangun blog sampai menjadi seorang blogger yang sukses.

Karena pembahasan tentang teknis banyak sekali bertebaran di internet bisa kamu akses sebanyak-banyaknya.

Disini kita akan membahas bagaimana di balik kunci sukses seorang blogger hingga ia dapat  menghasilkan uang dari blog

1. Membahas mindset sukses dalam dunia blog

Mindset sukses maksudnya adalah kekuatan internal atau mentaliti seseorang untuk meraih sukses. Seorang yang bermental sukses ia akan sanggup mengorbankan apapun kesenangannya atau menunda waktu kesenangannya untuk kesuksesan tersebut.

Seorang blogger sukses ia akan selalu fokus untuk membuat blognya bermanfaat dan menghasilkan itu artinya ia akan siap meluangkan waktunya untuk mengelola blognya seperti update artikel, post artikel, membalas komentar, atau 

2. Memulai  menjadi seorang blogger sukses

Banyak sekali orang yang telah sukses sebagai blogger, ia dapat menghasilkan uang dengan penghasillan yang fantastis. mereka para blogger sukses indonesia atau di sebut mastah (master antah berantah..hehe) mnghasilkan uang ratusan juta pertahun bahkan hingga milyaran pertahun, bayangkan ini mereka hasilkan hanya dengan menjadi seorang blogger. 

Tentu ini menjadi motivasi buat anda dan saya tentunya masih terbuka lebar peluang untuk sukses, ya paling tidak bisa menyamai mereka…mereka bisa partu kamu juga bisa..cieee semangat.

Jadi pada tahap ini kamu harus fokus untuk membangun sebuah blog yang bermanfaat dan nanti akan menghasilkan uang, manfaat artinya adalah banyak memberikan solusi untuk orang bnyak/yang membutuhkan.

di kutip dari mbah google di sini daftar blogger sukses indonesia, bisa kamu intip dan pelajari sebagai bahan role model atau motivasi.

  • Mas Yodiaantariksa ~~ Strategimanajemen.com
  • Mas Timon ~~ Adiyoso mastimon.com
  • Mas Sugeng ~~  Sugeng.id
  • Iwan banaran ~~ iwanbanaran.com
  • vatihibrahim ~~ vatih.com
  • Indra K ~~ Indrak.eu.org
  • rhein mahatma ~~ Starupbisnis.com
  • panduanim ~~Panduanim.com

Masih banyak sebetulnya daftar blogger sukses, melalui meraka kamu bisa belajar tips-tips membangun blog baik secara teknis maupun non teknis tinggal pelajari dan praktek aja.

3. Tahap persiapan dalam membangun blog / membuat blog

Pada tahap ini anda sudah sedikit mempelajari tahapan teknissebelum lebih jauh, untuk membangun blog kamu harus menentukan beberapa aspek terlebih dahulusebagai pintu gerbang awal teknis yang harus dipersiapkan

Tentukan niche ( tentukan topik apa yang akan di bahas dalam blog kamu misal: otomotif, memasak, komputer, DIY, pendidikan dan masih banyak lagi) kamu boleh memilih apa saja yang kamu lebih kuasai dan senangi.

Menentukan platform, Maksudnya kamu harus menentukan platform kamu dalam membangun sebuah blog; ada dua jenis platform yang bisa kamu akses, pertama dengan blogger.com ini gratis, yang kedua dengan wordpress ( berbayar kamu harus instal ketika membeli hosting; Saran saya apabila kamu mencukupi dana nya sarankan untuk memakai wordpress dengan hosting dan domain, apabila dana tidak cukup boleh menggukan blogger.com

Menentukan nama domain, sebagai branding blog kamu yang mencerminkan visi dan misi kamu, nama blog harus mudah diingat dan mempunyai nilai jual. Supaya menjadi penyemangat buat kamu sebagai pengelola blognya.

Dari 3 tahap itu merupakan persiapan awal kamu memulai blog dan silahkan kamu buat rencana blog kamu dengan tidak tergesa-gesa.

4. Tentukan tujuan Utama dalam membuat blog

Tujuan utama blog bukan hanya sekedar menjadi penghasilan, akan tetapi tujuan yang harus kamu buat yaitu manfaat akan nilai blog kamu yang kamu bangun.

Contohnya seseorang membangun sebuah blog yaitu untuk sebagai : Media Informasi, Media bisnis menawarkan barang/jasa, Sebagai profil usaha yang di geluti dll. Kebanyakan blog yang memberi keuntungan mereka membangun blog sebagai media informasi sehingga banyak pengunjung setia yang mampir ke blog tersebut (traffik) akhirnya mendapatkan keuntungan dari traffik tersebut (dari penayangan iklan/ atau penjualan produk dan jasa yang di tawarkan)

5. Fokus dalam membangun usaha blog kamu

Saatnya kamu harus pintar-pintar membuat manajemen kerja kamu seperti waktu dan tenaga untuk mengurus sebuah blog sampai blog tersebut benar-benar menghasilkan.

Apa saja fokus yang harus kamu persiapkan

  1. Dalam hal pemelihan topik pembahasan
  2. Rutin membuat artikel post ( Setiap hari minimal 1 postingan)
  3. Selalu update kekurangan sebuah artikel, tampilan tema blog dsb
  4. Luangkan waktu fokus untuk belajar dan praktik mempelajari cara-cara teknis yang harus dikuasai

Biasanya seorang blogger apabila fokus untuk melakukan hal tersebut, ia membutuhkan 2 s.d 3 bulan membangun blog sampai blog itu menghasilkan. Ini waktunya kamu betul-betul banyak berkorban ekstra ibarat seorang petani menanam padi, ketika awal-wal ia akan susah payah menanam padi, sampai akhirnya padi itu tumbuh dan memberikan hasil.

6. Buat jadwal yang tepat dalam mengelola blog kamu

Seorang blogger sukses pasti ia telah mampu mengelola waktunya dengan tepat dan efisien bagaimana blognya itu kedepan dapat menghasilkan.

Mungkin saat ini kamu masih memiliki pekerjaan pokok, luangkan waktu-waktu luang untuk mengurus blognya atau apabila kamu punya biaya kamu bisa untuk mencari orang yang tepat mengurus blog kamu, sekarang banyak blogger membuka jasa untuk mengurusi blog.

7. Bagaimana tetap bertahan dalam setiap kondiasi dan keadaan

Namanya sebuah proses kadang tidak semulus yang kita kira, banyak tantangan dan hambatan, maka kita harus pintar mengolah segala kemungkinan.

Sebenarnya bagi para blogger tantangan yang berat adalah melawan rasa malas pada diri sendiri, latihlah selalu daya tahan kamu jangan sampai kendor, jadikan waktu luang dan istirahat menjadi tempat untuk merefresh ulang langkah dan perjalan blog kamu, jalankan semuanya dengan santai dan sekemampuan kamu jangan terburu-buru dan tergesa-gesa, selalu lakukan pencapaian kecil untuk mendapat pencapaian yang lebih besar.

8. Buatlah catatan road map kedepan

Maksudnya catatan target map kamu kedepan jangka pendek dan jangka panjang, supaya kegitan kamu terarah dalam membangun sebuah blog misalkan membuat time line bulan pertama : kamu harus menyelesaikan posting artikel minimal 30 artikel, Bulan kedua tambah menjadi 50 artikel dan seterusnya.

Bulan kedua dan ketiga misalkan blog kamu harus sudah bisa didaftarkan google adsense, supaya di approve atau di terima google adsense.

Buatlah roadmap yang simple dan mudah untuk dilakukan.

9. Berusaha komitmen dengan sungguh-sungguh untuk usaha blog ini

Kembali lagi ini masih berbicara nonteknis, mudah-mudahan kamu tidak bosan membacanya..hehe

Komitmen adalah awal keberhasilan, berkomitmenlah dengan sungguh-sungguh pasti hasil tidak akan menghianati usaha dan pengorbanan.

10. Belajar teknis Dalam membangun Blog

Setidaknya ada beberapa teknis yang harus dikuasai oleh kamu untuk memulai blog:

Mengetahui platform blogger dan wordpress

Karena saya memakai blogger boleh lebih di perdalam lagi, kamu bisa belajar tentang teknis ini ke para mastah yang sudah sukses, kunjungi sugeng.id, panduanim.com, indrak.eu.org, vatih.com kamu bisa banyak belajar disana saran saya belajar langsung praktik aja lebih cepat dan powerful.

Menentukan tema blog, ada yang berbayar/ gratis khusus untuk tema blog ini bagus untuk membeli tema template blog yang berbayar

Menguasai teknik penulisan artikel ( dasar-dasar tenik penulisan SEO onpage dan off page, Riset keyword, optimasi image)

11. Cara benar memilih niche blog

Dalam memilih niche atau topik sebuah blog kamu harus menentukan topik apa saja yang akan di bahas dalam blog kamu; lebih mudah apabila topiknya adalah yang kamu kuasai dan sering kamu geluti.

Misalnya kamu akan membuat niche blog tentang OTOMOTIF Kemudan kamu sederhanakan lagi otomotif apa? misalkan berbicara tentang motor, terus ketika berbicara tentang motor apa saja yang akan kamu bahas misalkan ( motor baru, modif motor, balap motor, moto gp dll).

Maka niche kamu yang di dapat seperti ini :

OTOMOTIF – tentang motor-modif motor jadi blog kamu berbicara seputar modif motor ( koleksi modif, jenis-jenis modif, projek modif motor, aksesoris modif motor , penjualan modif motor dll).

12. Pondasi struktur blog

Pondasi struktur blog yaitu bagaimana tema blog dan tampilan blog yang kamu buat, seperti pembuatan nama blog dan setup domain tld. mungkin tahapannya seperti ini.

  1. Nama blog
  2. Cantumkan Page : tentang, disclaimer, privacy policy, kontak
  3. Deskripsi blog
  4. Rencana menu yang akan ditampilkan dalam tema ( diusahakan harus terstruktur)

Pada poin ini akan di bahas dalam artikel tersendiri lebih mendetail.

14. Memilh Template tema yang baik

Tema /template adalah sesuatu yang sangat vital dalam blog, blog yang bagus memiliki template yang bagus pula yaitu : sederhana, rapi, fast loading, mobile friendly.

Untuk sebuah template yang berbayar kamu bisa membeli langsung kepada pengembangnya seperti mas sugeng sugeng.id menyediakan tema yang bagus dan poweful untuk sebuah blog yang berbasis blogger.

Banyak tema yang di sesidakan gratis bisa kamu gunakan, namun kekurangannya apabila ada update dari pengembangnya tema tersebut kadang terjadi erorr harus ada yang diperbaiki.

15. Buat konten artikel terbaik

Pada tahap ini anda sudah melalui tahap teknis, menulis artikel dengan rutin dan artikel yang baik.

Konten is king, artikel konten adalah segalanya, yaitu sebaikmana artikel yang tersaji dalam blog anda sejauh itu nilai blog anda akan diperhitungkan.

Berikut kriteria artikel yang baik

  • Jumlah kata 250 kata lebih, lebih banyak lebih baik
  • Membahas topik secara mendalam google menyenangi konten artikel yang membahas secara detail
  • Konten original tidak kopi paste
  • Memiliki volume traffik yang stabil
  • Tampil pada page one mesin penelusuran google

Untuk berlatih menulis konten artikel yang baik kamu bisa mempelajari para blogger yang sudah sukses dalam menulis konten kamu bisa kunjungi blog Indrak.eu.org atau panduanim.com.

16. Fahami dan praktekan SEO on page dan SEO off page

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya meningkatkan kualitas konten artikel supaya artikel kita mendapatkan ranking terbaik pada mesin pencarian google manfaatnya supaya kita mendapatkan traffik dari organik traffik atau pengunjung secara alami

Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga membuat blog anda mendapatkan traffik secara tepat sesuai kelompok traffik yang tertarget.

Pada tahap ini anda belajar teknis yang sudah lumayan tingkat advance, dan ini beberapa tahapan melakukan SEO on page dan OffPage

Melakukan Riset keyword untuk judul, keyword yang memiliki volume pengunjung yang sesuai.

Optimasi Judul artikel yang baik, mengandung kata kunci utama yang tertarget

Menanam kata kunci pada tag deskripsi artikel

Membuat link atau anchor text menuju pada artikel yang sesuai dengan pembahasan masih dalam blog anda.

Melakukan pengaturan penulisan H1-H2-H3 secara berurutan

Optimasi gambar 

Pada tahap ini kamu bisa mempelajari lebih lanjut dengan berkunjung pada blog indrak.eu.org

17. Buat lebih banyak traffic

Karena blog kamu ingin menghasilkan berarti bagaimana blog kita bangun banyak manfaat sehingga orang banyak berkunjung ke blog anda..maka itu adalah traffik.

Kamu bisa memaksimalkan traffik dengan dua metode

  1. Mengiklankan postingan artikel anda pada media periklanan berbayar seperti facebook ads
  2. Dengan gratis : Share ke social media seperti facebook, instagram, pinterest, Google plus dan tweeter tetapi jangan terlalu banyak menshare karena akan di anggap spam oleh facebook

Maksimalkan traffik anda dengan membangun konten yang baik di butuhkan oleh para pengunjung.

18. Adsense blog Monetize

Pada tahap ini setidaknya kamu telah memahami perjalanan panjang membangun sebuah blog yang menghasilkan.

inilah sebetulnya target inti dari bahasan panjang di atas, mungkin kamu sudah cape membacanya tapi semoga pengorbanan mu membaca artikel ini kamu menjadi blogger sukses pula kaya mastah.

Yang paling populer untuk mendapatkan uang dari blog yaitu dengan mendaftarkan blog anda pada layanan periklanan google adsense, apabila blog kita diterima untuk menayangkan iklan google adsense maka kita akan mendapatkan pembayaran dari google

Namun sebelum daftarkan blog kita pastikan blog kita sudah memenuhi kriteria paling tidak.

  • Memiliki 20 atau lebih artikel yang unik yang sudah terindeks google webmaster
  • Memiliki tema dan menu navigasi yang langsung mengarah pada artikel
  • Sudah memiliki pengunjung yang stabil
  • Selalu update artikel minimal tiap hari 1 artikel
  • Mempunyai akun media sosial ( fb, pinterest, instagram, tweeter dll)

Sebetulnya 19 Cara Menghasilkan Uang dari Blogger di atas bisa kita jadikan judul sebuah artikel dalam pembahasan setiap poinnya.

Apabila di sederhanakan 19 cara menghasilkan uang dari blog di atas terangkum dalam 3 poin saja

  1. Siapkan mental kamu yang sungguh dalam membangun blog
  2. Belajar teknis dan praktik dengan tekun dan sabar
  3. Selalu update dalam forum forum blogger mengetahui perkembangan terbaru

Eh lupa poin yang ke 19 nya adalah banyak-banyak berdo’a kepada Alloh SWT karena setiap usaha kita tidak akan ada gunanya kalau tidak ada pertolongan Alloh SWT agar kita senantiasa di bimbing menuju tangga kesuksesan.

Itulah 19 kunci sukses dalam usaha dunia blogger..dan cara menghasilkan uang dari blog

Pasti setiap orang memiliki jalan kesuksesan masing-masing yang jelas setiap usaha kita yang baik pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Ini sebagai cara self motivation, memotivasi diri sendiri untuk sungguh-sungguh memulai dalam usaha membangun blog.

Setiap sesuatu yang besar bermula dari hal yang kecil..tetap semangat tuan tuan, jangan berkecil hati mulailah usaha kamu dalam setiap kondisi apa pun.

sampai jumpa di lain kesempatan dalam pembahasan yang lebih menarik dan saya nantikan kisah sukses kita masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top