Mendidik Anak Secara Sunnah

Cara Mandidik Anak Menurut Alquran dan Hadist

Dalam Islam segala aspek kehidupan di bimbing dengan tuntunan Alquran dan Sunnah Nabi, tidak hanya dalam hal ibadah secara langsung kepada Alloh spt Solat dan ibadah lainnya bahkan segala aspek kehidupan manusia dalam ia menjalin hubungan sesama manusia bertransaksi menikah dan lain sebagainya sehingga manusia yang beriman selain ia mendapatkan kebaikan dan keuntungan dunia hal yang paling penting adalah kebaikan dan keuntungan akhirat

Didalam hal berkeluarga agama islam memerintahkan agar bagaimana keluarga yang dibina di dalamnya terpancar keimanan dan ketaatan kepada Alloh SWT, maka pasangan suami istri bahu membahu kerjasama dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah, maksudnya rumah tangga yang didalamnya di hiasi oleh nilai-nilai agama dan ketaatan kepada Alloh SWT.
Salah satu wujud nyata adalah bagaimana rumah tangga ini menjadi tempat pertama dan paling utama untuk pengajaran dan memberikan teladan bagi generasi dan keturunan kita sehingga dari keluarga tersebut lahirlah manusia-manusia yang soleh, ahli ibadah, ahli ilmu, hafidz Alquran dan memiliki keluhuran akhlak yang tinggi sebagaimana akhlaknya Baginda Nabi SAW.

Ayat alquran tentang pendidikan

Islam memberikan khusus terhadap pendidikan anak-anak sebagaiman yang di gambarkan oleh Alquran dan Sunnah Nabi SAW. Sebagaimana Alquran menggambarkan di dalam surat Lukman
وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ
Artinya:
Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.  (Q.S : Lukman: 13)

Hadist Nabi tentang Mendidik Anak

Kemudian khadist-hadist gabinda Nabi Muhammad SAW banyak sekali menjelaskan bagaiman pendidikan terhadap anak

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ}.

Nabi saw. bersabda, “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik r.a.

4 tahap mendidik anak cara Islami 

  1. Cara Mendidik Anak Usia Dini Secara Islami
  2. Memberi Nama dengan Doa. Pertama, cara mendidik anak usia dini secara Islami yakni berawal dari pemberian nama. …
  3. Selalu Dekatkan dengan Ibu. Ibu merupakan sosok yang memiliki ikatan batin kuat dengan buah hatinya. 
  4. Mendengarkan Lantunan Ayat Suci. 
  5. Berlaku Adil dalam Segala Hal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top