Analisis Strategi Pemasaran Jasa, Studi Kasus Pemasaran Gojek

 

Analisis Strategi Pemasaran Jasa, Studi Kasus Pemasaran Gojek

Selamat malam sahabat minoupdate.com, pada kesempatan ini saya ingin mengulas tentang strategi pemasaran jasa, bagaimana kita akan belajar studi kasus pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan digital Indonesia.

Secara ringkas yang dilakukan oleh Gojek terdiri dari poin-poin dibawah ini.
  1. Menerapkan harga yang jelas baik bagi partner maupun pelanggan
  2. Banyak menjalin kerjasama dengan partner bisnis
  3. Mengutamakan kepuasan pelanggan
  4. Memperluas jangkauan target pemasaran.
  5. Oke kita akan simak bagaimana ulasan singkat selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Gojek

Gojek ialah sebuah perusahaan teknologi asal indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Gojek ini adalah produk dari sebuah Perseroan Terbatas PT.  perangkat lunak karya anak bangsa. Perusahaan ini dibuat pada tahun 2010 di jakarta sang Nadiem Makarim. Di tanggal 7 januari 2015 gojek meluncurkan perangkat lunak berbasis android dan  ios yang menggantikan sistem pemesanan secara online.
Gojek pula berkembang pesat sehabis meluncurkan sebuah software menggunakan tiga layanan, ialah goride, gosend, dan  gomart. Saat ini gojek tersedia di 50 kota pada indonesia serta sudah diunduh sebanyak 142 juta kali menggunakan lebih asal dua juta mitra pengemudi. Di 2020 gojek mencatat bahwa telah meraup untung sebesar 12 milliar dollar AS atau setara dengan 170 trilliun rupiah.

Strategi Pemasaran Gojek dalam pemasaran jasa

Kesuksesan dari gojek ini  tentunya tidak lepas asal seni manajemen pemasaran yg digunakan sang gojek. Gojek bisa dibilang cukup sukses pada bidang marketingnya hal itu dapat dibuktikan dengan bagaimana hampir seluruh rakyat indonesia mengenal dan  memakai perangkat lunak gojek. Selain itu Bila dipandang lagi gojek pun sukses dalam memperkenalkan produk dan  jasa mereka kepada warga  menggunakan menggunakan kinerja secara online dan  tidak disangka hal ini dapat diterima sang semua kalangan warga . Ini dia artinya taktik pemasaran yang dipergunakan oleh gojek :

Menggunakan harga yg jelas

Mirip yang kita ketahui gojek memperlihatkan harga yg sudah kentara tergantung menggunakan jeda transportasi yg ditempuh, hal ini bisa meminimalisir tindakan atau perlakuan curang yang bisa dilakukan oleh partner gojek pada pelanggan sebab hal ini gojek mendapatkan kepercayaan  dari masyarakat serta pelanggan dan  reputasi gojek pada bidang transportasi pun menjadi meningkat.

Bekerja sama menggunakan banyak partnership bisnis

Dalam hal strategi pamasaran gojek acapkali menjalankan berbagai sistem kerjasama menggunakan perusahaan – perusahaan tidak sinkron dengan hal ini ke 2 perusahaan bisa meningkatkan reputasinya serta bisa lebih dikenal luas. Model partnership yg pernah dilakukan oleh gojek adalah : gojek-tokopedia. Ada jua partnership yang dilakukan gojek dalam bidang lain mirip kuliner, bisnis makanan bekerja sama menggunakan pihak gofood. Terdapat jua gomart yg dapat bekerja sama dengan minimarket.

Fokus pada kepuasan pelanggan

Pada hal yang satu ini gojek mengutamakan layanan customer experience. Berasal sini gojek bisa menggunakan praktis mengetahui apa yg diharapkan asal para customer. Gojek menanggapi masukan dan  keluhan dari para pengguna gojek serta menggunakan itu gojek bisa menyediakan apa saja yang diingkan sang para pengguna. Kemudahan yang diberikan ini membuat semakin poly orang menjadi betah dalam memakai aplikasi gojek, semuanya serba praktis serta praktis.

Memperluas Jangkauan target pemasaran

Gojek di mulanya hanyalah aplikasi transportasi ojek berbasis online tapi seperti yang kita memahami sekarang mereka mulai  memperluas target pemasaran mereka. Hal ini semakin memberikan kemudahan kepada para pengguna. Misalnya kita bukan hanya dapat  memesan tunggangan untuk mengantar ke suatu kawasan, tetapi kita jua bisa memesan makanan, tiket, belanja secara online, membayar tagihan secara online, dll. Improvisasi dari gojek ini yang membuat orang merasa betah kemudahan dan  kepraktisan yg disediakan oleh gojek sangatlah membantu rakyat. Taktik yang dimanfaatkan gojek mirip mencari gap pada market ini sangatlah membawa keuntungan besar  bagi perusahaan gojek.
Terdapat beberapa cara yang mungkin bisa diambil bagi kita para entrepreneur ataupun hal yg bisa diimplementasikan pada usaha kecil-menengah.
Hal pertama yaitu dengan memanfaatkan peluangan dalam pasar itu sendiri atau filling the market gap. Menganalisa apakah terdapat peluang yang dapat digunakan sang bisnis kita. Contohnya seperti gojek mereka memanfaatkan peluang berberntuk sistem online di jasanya yg mengakibatkan gojek sebagai jasa transportasi online. Dan  di saat itu belum adanya aplikasi transportasi yg dapat dipergunakan secara online itulah mengapa warga  relatif mengapresiasi saat gojek diluncurkan.
Ke 2 yaitu menggunakan cara memperluas sasaran pemasaran. Dengan cara memperluas target pemasaran maka hal tadi dapat menaikkan juga keutungan yg dapat diambil berasal suatu perusahaan. Ketiga yaitu dengan serius di kebutuhan pelanggan. Masukan dan  feedback relatif krusial bagi keberhasilan bisnis kita. Menggunakan adanya masukan kita jadi mengetahui apakah produk kita butuh improvisasi atau perbaikan, kita juga jadi mengetahui apa yg dibutuhkan berasal pelanggan terhadap produk kita.
Demikian ulasan studi kasus singkat strategi pemasaran Gojek, untuk UMKM Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top